Jumat, 24 Februari 2012

BAB 2 :Membangun Kreativitas dan Inovasi

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi? 
    Inovasi adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan mengembangkan ide tersebut agar dapat diterima pasar 

2.  Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan !

     Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan pengusaha yaitu :
     1. Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada.
     2. Pengenalan metode produksi baru.
     3. Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru.
     4. Penciptaan/pengadaan persediaan bahan mentah atau setengah jadi baru.
     5. Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.

3. Bagaimana proses inovasi ?

    Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave, proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk ‘’locus of control’’, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausahawan yang besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang memengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi lingkungan, organisasi, dan keluarga.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan kreativitas !
    Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkanide untuk memecahkan masalah dan membuat peluang dari masalah tersebut.

5. Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan? 
6. Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
     1. Masukkan kreativitas sebagai nilai inti perusahaan
       Para wirausahawan memiliki tanggung jawab untuk membentuk budaya inovatif dalam perusahaaan mereka dan membuat nuansa kreatif dalam perusahaan yang dimulai dengan misi perusahaan.
    2. Merangkul keragaman
      Salah satu cara terbaik untuk menggali budaya kreativitas adalah dengan mempekerjakan berbagai macam angkatan kerja.
    3. Mengharapkan kreativitasi
     Karyawan cenderung untuk bangkit atau surut sesuai dengan tinggi rendahnya harapan wirausahawan terhadap karyawan tersebut.
    4. Mengharapkan dan memberi ruang pada kegagalan
        Ide-ide kreatif akan menghasilkan kegagalan dan kesuksesan.
    5. Mendorong rasa ingin tahu.
        Wirausahawan dan karyawan harus selalu mengajukan pertanyaan.
    6. Melakukan perubahan tata ruangan secara periodic.
         Lingkungan fisik tempat orang bekerja mempengaruhi tingkat kreativitasnya.
   7. Memandang masalah sebagai tantangan
         Setiap masalah menawarkan peluang untuk inovasi.
   8. Memberikan pelatihan kreativitas
        Hampir setiap orang memiliki kapasitas untuk menjadi kreatif, tetapi mengembangkan kapasitas tersebut memerlukan pelatihan.
   9. Memberikan dukungan
       Para wirausahawan harus memberikan alat dan sumber daya yang diperlukan oleh karyawannya agar bisa menjadi kreatif.
   10. Mengembangkan prosedur untuk menangkap ide-ide
        Para pekerja dalam setiap organisasi bisa memunculkan ide kreatif.
   11. Berbicara dengan pelanggan
     Perusahaan yang inovatif akan meluangkan waktu untuk mendapatkan umpan balik mengenai cara pelanggan tersebut menggunakan produk atau jasa perusahaan, atau mendapatkan ide-ide baru.
   12. Mencari tahu kegunaan produk atau jasa perusahaan
     Memfokuskan diri pada penggunaan “tradisional” produk atau jasa perusahaan, akan membatasi kreativitas dan juga penjualan perusahaan.
   13. Memberi penghargaan terhadap kreativitas
      Wirausahawan dapat mendorong kreativitas dengan cara memberikan penghargaan ketika kreativitas muncul.

7. Bagaimana cara membangun kreatifitas !
   
1. Amatilah sesuatu yang dikenal
Amatilah sesuatu kurang lebih 10 menit, dan gambarkan kembali apa yang Anda ingat. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda. Jangan berhenti pada visualisasi saja lho, semua indera juga dapat membantu Anda dalam membangun kreatifitas karena smua indera yang ada pada diri kita memperoleh masukan sepanjang hari. Ingat, membangun kreatifitas berarti mempertajam pikiran, dan itu berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.

2. Jangan menunda pekerjaan
Wahh… makannya jangan suka malas, karena salah saatu hal yang mengherankan tentang ide-ide adalah bahwa otak dapat diperintah untuk bekerja dengan autopilot (emangnya kapal ato pesawat dong yang bisa pke autopilot.. hehe). Jika Anda memberinya gagasan-gagasan dasar dan rangsangan yang cocok, akhirnya otak akan memunculkan gagasan-gagasan yang dapat diteruskan. Namun ada kecendrungan apabila dihadapkan pada persoalan, maka Anda akan menunda sampai menit terakhir, dengan dalih bahwa otak akan berkerja secara optimal kalau dalam keaadaan terdesak. Dan itu memang ada benarnya, karena ketegangan batas waktu mempersatukan pikiran dengan baik sekali. Tetapi Anda tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada otak untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal. Jika Anda mengerjakan jauh hari sebelum batas waktu, tidak berarti ente harus merampungkan, tetapi hanya memberi masukan yang leebih baik kepada diri sendiri untuk menyadari dimensi-dimensi lain dari keadaan yang ente hadapi.

3. Pejamkan mata dan biarkan pikiran mengembara
Berkhayal juga bisa menghasikan ide lho, dengan cara membiarkan alam tak sadar Anda mengerjakan sesuatu dan biarkan pikiran anda mengembara akan dapat menjadi sangat efektif. Tapi awas jangan mikir yang macem2 ya. hehehe..

4. Ambillah sudut pandang orang lain
Hmm.. untuk poin ini didasarkan atas andaikata. Artinya, Anda mencoba untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.

5. Melakukan curah-gagasan
Dengan melakukan curah-gagasan atau bahasa kerenya brainstorming dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat. Proses ini berlandaskan anggapan bahwa sekelompok orang yang bekerja bersama dibawah pimpinan yang baik dapat memunculkan jauh lebih banyak ide dan kemungkinan daripada bekerja masing-masing.

6. Belajar menjadi seorang inovator yang baik
Anda harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama. Anda dapat melakukannya dengan membaca, survei, penelitian atopun diskusi.

7. Ubahlah kebiasaan dan citra diri
Untuk bisa seperti itu, jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan. Tuangkanlah ide Anda dalam bentuk tulisan dan terimalah perubahan dan tantangan suatu masalah dengan tangan terbuka ato bahasa machonya with arm open dengan begitu biasakanlah berpikir terbuka dan fleksibel
 
8. Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
   
Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas:
  • Faktor penghambat dapat di klasifikasikan atas dua unsur, yaitu hambatan struktural dan proses. Hambatan struktural  terdiri atas hambatan psikologis, budaya, dan lingkungan, sedangkan hambatan proses terdiri atas hambatan dalam memilih bahasa berpikir, hambatan karena keterpakuan fungsional,  dan hambatan karena kebiasaan memandang dengan cara yang sama.
  • Teknik meningkatkan kreativitas, cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berpikir dan proses bertindak. 
Teknik Mengembangkan Inovasi
Inovasi adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki.
Sifat inovasi dapat ditumbuhkembangkan dengan memahami bahwa inovasi adalah suatu kerjakeras, terobosan dan kaizen (perubahan terus-menerus).
Inovasi kerap bergantung pada riset. Biasanya, untuk menghasilkan produk baru yang benar-benar inovatif biayanya sungguh besar.

8.  Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!  
    beberapa faktor penghambat dalam kreativitas antara lain, sebagai berikut :

1. Hambatan persepsi
    · Melihat apa yang diharapkan untuk dilihat
    · Kesulitan dalam masalah yang terisolasi
    · Tidak membatasi masalah
    · Tidak dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang

2. Hambatan perasaan
    · Takut salah
    · Segan mengalami perubahan
    · Tidak mampu santai
    · Ingin selesai dengan cepat
    · Tidak ada hambatan

3. Hambatan budaya
    · Berkhayal buang waktu
    · Main-main hanya untuk anak
    · Logika dan fakta
    · Tradisi dan tabu

4. Hambatan imajinasi
    · Tidak mampu membedakan realita dan fantasi
    · Tidak member kesempatan pada daya imajinasi
    · Control yang ketat pada alam pra sadar

5. Hambatan intelek
    · Tidak fleksibel
    · Kurang dan tidak teliti akan informasi
    · Kurang kemamuan pengetahuan
   · Metode salah

6. Hambatan ekspresi
    · Eterampilan bahasa dalam mengungkapkan gagasan
    · Tidak dapat mencatat ide dengan cepat

7. Hambatan lingkungan
    · Kurang kerja sama
    · Atasan yang otokratis
    · Tugas tidak mendukung
    · Organisasi tidak sesuai
 
P  10. Pilihlah seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu !
fdf           
Simply Fresh Laundry merupakan waralaba pertama yang bergerak dibidang Usaha Laundry atau binatu dengan konsep cuci dan seterika per kilogram. Dikelola oleh staff ahli yang handal dan berpengalaman dibidangnya membuat Simply Fresh Laundry layak menjadi yang terdepan dalam pilihan berwirausaha.
Sejak 2006 hingga kini Simply Fresh telah berkembang menjadi perusahaan dengan 200 outlet lebih tersebar di seluruh Indonesia. Didukung support system yang handal Simply Fresh Laundry selalu memberikan pelayanan yang terbaik dibidangnya.
Visi :" Laundry Ternama Pilihan Pertama Seluruh Keluarga di dunia dengan Selalu Memberikan Kepuasan, Kesempurnaan, dan Hubungan yang Erat Sepanjang Masa.”

Misi :“Memberikan kemudahan bagi seluruh umat manusia dengan memberikan pelayanan jasa pencucian Laundry Kiloan yang professional dengan Pelayanan yang Penuh Perhatian, Tulus, Ramah, dan Orientasi pada Kebutuhan dan Kepuasan Pelanggan”

Filosofi : “Memberikan Pelayanan Laundry Kiloan Secara Profesional dengan Kualitas yang Berkelas.”

Kesuksesan :
Simply Fresh Laundry memiliki relasi dengan salah satu perusahaan rokok terbesar bagian promosi yang secara periodik bekerjasama dalam setiap event yang berlangsung, juga dari beberapa perusahaan di kawasan industri di daerah Cikarang dan beberapa villa,restoran, spa, hotel di Bali.
Selain dari corporate, mitra usaha kerja yang lain yaitu dari hotel, pondokan penginapan, rumah sakit dan tempat kos atau kontrakan di Jogja yang menyediakan layanan cucian terhadap para penyewa/anak kos nya.
Dengan banyaknya mitra kerja yang bekerjasama dengan Simply Fresh Laundry semakin memantapkan sebagai laundry kiloan yang bonafid dan dapat dipercaya.

Manajemen Pemasaran :  Simply Fresh Laundry di awal tahun 2011 hadir dengan pelayanan istimewa melalui program “Pasti Puas !!”, yang kami apresiasikan kepada pelanggan setia Simply Fresh Laundry. Program kali ini kami memberikan pelayanan ekstra dengan inovasi-inovasi yang terus kami kembangkan demi mencapai kesempuranaan untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Yaitu dengan ketepatan penghitungan jumlah berat yang langsung terkoneksi dari timbangan digital ke dalam komputer,merupakan inovasi melalui riset berkelanjutan yang khusus kami persembahkan untuk pelanggan supaya terhindar dari kesalahan menghitung berat pakaian, merupakan pertama untuk laundry kiloan.
Melalui program “pasti puas !!” kualitas pencucian sangat kami perhatikan, dengan treatment khusus sehingga mampu memberikan jawaban yang pasti untuk keluhan kebersihan pakaian anda.

Penggunaan tekhnologi Ultraviolet yang berkat inovasi ini kami mendapatkan award dari MURI, yang juga sebagai yang pertama di Indonesia, berfungsi untuk meminimal bakteri dan jamur dalam air.
Ditambah detergent ramah lingkungan – menyuburkan tanaman, pilihan beberapa aroma pewangi pakaian yang khusus kami buat dan hanya untuk pelanggan Simply Fresh Laundry, lalu adanya garansi pencucian untuk pakaian yang masih kotor dan tidak rapi.
Dan tentunya sesuai nama program “Pasti Puas !!”adalah pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan memberikan keramahan dan bersahabat untuk kenyamanan pelanggan. Demi tercapai nya kepuasan kami pun telah membuat sistem baru yang mana kami rancang menggunakan beberapa lapis pengamanan sehingga resiko-resiko di dalam melaundry dapat terhindari, dan semua itu dapat anda dapatkan hanya di Simply Fresh Laundry “Pasti Puas !!”.

11. Memilih  satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut!
     Saya dan teman saya sudah melakukan bisnis jual-beli sepatu.dalam usaha ini saya dan teman saya menjual sepatu melalui media online selain dengan cara itu kami sering membuka lapak dengan menggunakan mobil agar efektif untuk menjangkau para konsumen.Biasanya kami mencari tempat yang banyak turis domestik contohnya di jalan Riau atau Cihampelas.
 
12. Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!      
     Dalam usaha kami, kami memiliki kelebihan yaitu harga sepatu yang kami jual dibawah harga Rp.500.000 dengan merk yang terkenal dan kualitas produk yang baik. Kami mencoba menginovasikan membuat sepatu dengan packaging yang unik, biasanya orang-orang  membeli sepatu dibawah harga aslinya hanya menggunakan plastik hitam saja tetapi kami mencoba untuk membuat packaging yang unik sehingga pelanggan puas.


M


 
 





    

    




B

22

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar